Senin, 24 Mei 2010

resume buku "Joseph Stalin, A Short Biography"

Resume Buku

Joseph Stalin, A Short Biography

G.F Alexandrov

Kreasi Wacana

2007


RESUME

BAB I

Kebangkitan Sang Revolusioner

Joseph Stalin lahir tanggal 21 desember 1879 di kota Gori provinsi Tiflis. Ayahnya seorang buruh tani berkebangsaan georgia. Pada musim gugur tahun 1888 Stalin masuk sekolah kependetaan di Gori. Pada tahun 1894 ia dikirim seminari teologis orthodoks di tiflis. Pada saat itu kapitalisme industri dan pertumbuhan kelas pekerja mulai berkembang hal itu ditandai dengan tersebarnya marxisme ke seluruh rusia. Liga perjuangan emnsipasi kelas pekerja St.Petersburg yang didirikan dan dipimpin oleh Lenin memberikan dorongan kuat terhadap perkembangan sosial-demokratis ke seluruh negeri. Gelombang gerakan buruh menyapu hingga Traskaukasia dimana kapitalisme telah melepaskan tempat berpijak.

Pada seperempat bagian terakhir pada abad ke sembilanbelas kapitalisme berkembang dengan cepat di Transkaukasia,dengan kejam mengeksploitasi pekerja, buruh tani dan menjadikan penindasan nasional dan kolonial semakin parah. Sejalan dengan perkembangan kapitalis industri, tumbuh pula gerakan kelas pekerja. Pada revolusi yang terjadi pada abad kesembilanbelas itu, aktivitas di Transkaukasia dijalankan oleh marxis rusia yang diasingkan di Transkaukasia.

Pada tahun 1896 dan 1897 Stalin memimpin gerakan studi kaum marxis di seminari orthodoks tiflis dan pada bulan agustus 1898 secara formal ia direkrut sebagai angota organisasi Partai Buruh sosial-demokrat rusia di tiflis. Stalin bekerja keras untukmemperliuas pengetehuannya .

BAB II

Berjuang Dengan Pena

Hampir selama dua tahun Stalin menghabiskan waktunaya di penjara dan pengasingan. Selama periode itu gelombang revolusi terus meningkat ke seluruh negeri. Kongres kedua R.S.D.L.P. telah berlangsung dimana kemenangan marxisme talah dikonsolidasikan. Akan tetapi oportunis lama digantikan oleh kelompok Mensheviks. Kelompok Bolsheviks melancarkan perjuangan keras melawan kelompok Mensheviks.

Dibawah kepemimpinan Stalin pada bulan Desember 1904 terjai suatu pemogokan besar pekerja di Baku. Pemogokan itu berlangsung mulai dari 13 Desember hingga 31 Desember dan berakhir dengan kesepakatan bersama dengan pejabat perusahaan minyak. Kesepakatan bersama yang pertama dalam sejarah gerakan kelas pekerja di Rusia.

Stalin bekerja dibawah arahan lenin. Ia membela dan mengembangkan pikiran Bolsheviks. Stalin memimpin kelompok Bolsheviks Kaukasia dalam pertempuran politis dan ideologis melawan kelompok Mensheviks, kelompok sosial-revolusioner, kelompok nasionalis dan anarkis pada masa awal revolusi Rusia. Senjata kelompok Bolsheviks hanyalah literatur mereka.

Salah satu kegiatan yang sungguh hebat dari komite persatuan R.S.D.L.P. Kaukasia dan contoh teknik kelompok Bolsheviks dalam melekukan kegiatan bawah tanah adalah percetakan rahasia. Dengan kekuatan yang sama, Stalin mendukung pikiran Lenin tentang pemberontakan bersenjata sebagai alat untuk menggulingkan otokrasi dan memebentuk sebuah republik.

Pemogokan umum pada bulan oktober 1905 memperlihatkan kekuatan dari tenaga gerakan kelompok proletarias dan memaksa Raja yang sedang menuju kematiannya mengeluarkan manifesto 17 oktober. Manifesto yang tanpa henti berjanji untuk memerdekakan rakyat.

BAB III

Masa-Masa Sulit

Revolusi Rusia pertama berakhir dengan kekalahan. Diantara revolusi pertama dan kedua terdapat tenggang waktu sepuluh tahun. Sepanjang waktu itu kelompok Bolsheviks secara tekun dan tak kenal lelah terus bekerja penuh semangat kepahlawanan dan pengorbanan diri untuk mengorganisasi masa, menumbuhkan semangat revolusioner pada diri mereka.

Stalin tujuh kali ditahan dan enem kali diasingkan. Lima kali Stalin bisa lolos dari pengasingan. Pengasingan terakhir di Turukhans adalah pengasingan yang meruntuhkan reputasi Stalin. Stalin dibebaskan karena terjadi revolusi pada bulan Februari 1917. pada bulan Juni 1907 Stalin ditahan dan dimulailah aktivitas revolusioner Stalin di Baku. Pada tanggal 25 Maret 1908 Stalin ditahan dan setelah menghabiskan waktu delapan bulan dipenjara dia diasingkan ke provinsi Volodga selama dua tahun. Tetapi pada tanggal 24 Juni 1909 Stalin lolos dari pengasingan dan kembali ke Baku unutk meneruskan aktivitas ilegalnya.

BAB IV

Strategi Partai Bolsheviks

Konferensi praha meramalkan adanya kebangkitan revolusioner dalam waktu dekat dan melakukan setiap ketentuan untuk memungkinkan partai benar-benar siap. Partai itu melakukan pemilihan anggota Komite Sentral Bolsheviks. Menyiapkan sebuah pusat untuk memimpin kegiatan revolusioner praktis di rusia( Komite Sentral Biro Rusia ) dan memutuskan untuk menerbitkan surat kabar Pravda. Stalin yang sudah menjadi anggiota komite sentral sejak tahun 1910, terpilih menjadi anggota komite sentral tanpa kehadirannya.

Pravda didirikan secara bersamaan dengan meningkatnya gerakan revolusioner. Maslah pertama dimunculkan pada tangganl 22 april 1912 tanggal itu adalah hari perayaan yang sebenarnya dari para pekerja. Maka untuk menghormati kemunculan surat kabar pravda belakangan diputuskan untuk merayakan tanggal 5 mei sebagai “ hari penerbitan pekerja”

Pada tanggal 22 april 1912 Stalin ditangkap saat berada di jalanan St.Petersburg. setelah beberapa bulan dalam penjara Stalin diasingkan lagi selama tiga tahun, kali ini ia diasingkan di wilayah yang lebih terpencil lagi, yaitu di narym .

BAB V

Revolusi Sosialis

Berita kembalinya Lenin disambut oleh para pekerja di Petrograd. Pada tanggal 24 april 1917 dilangsungkan konferensi ketujuh partai Bolsheviks. Koferensi itu mengarahkan partai untuk berjuang demi masa peralihan dari revolusi borjius demokratik menuju revolusi sosialis.

Setelah koferensi pada bulan mei 1917 dibentuk sebuah biro politik dalam komite sentral dan Stalin terpilih sebagai salah satu aaggotanya.Dengan landasan keputusan konferensi april dengan penuh emangat partai bekerja untuk mengambil alih hati rakyat, melatih serta mengatur untuk tindakan militer. Penindasan brutal dari demonstrasi bulan juli menandai titik balik perkembangan revolusi. Pada bulan agustus 1917 Jenderal Kornilov melancarkan pemberontakannya dengan tujuan untuk memperbaiki pemerintahan kerajaan di Rusia. Kelompok Bolsheviks mengajak rakyat untuk melawan usaha penggulingan pemerintahan itu, dan pemberontakan korlinov gagal. Hal itu mengantarakan adanya fase baru dalam sejarah revolusi, fase organisasi melakukan penyerangan besar-besaran.

Pada januari 1918 atas interuksi komite sentral Stalin menyusun konferensi wakil sayap revolusioner partai-partai sosialis di eropa dan amerika, yang menjadi langkah penting menuju pembentukan kekuatan ketiga, komunis internasional.

BAB VI

Menaklukkan Kekuatan Kontrarevolusioner : Lahirnya tentara Merah

Pemberontakan oleh revolusi sosialis di bulan oktober itu menyebabkan para tuan tanah dan para kelompok kapitalis di rusia mulai bersekongkol dengan kelompok kapitalis negara-negara lain untuk mengatur campur tangan militer melawan daratan soviet dengan tujuan untuk mengalahkan para pekerja dan petani.pemberontakan rezim soviet dan sekali lagi memperkuat rantai perbudakan di negara itu.

Intervensi dan perang sipil di mulai, partai Bolsheviks mengerahkan para pekerja dan petani untuk melakukan peperangan patriotik melawan penyerbu asing dan kelompok borjuis serta para pengawal tuan tanah tentara putih.

Musim semi 1918 imperialis inggris dan Perancis menghasut pemberontakan Korps Cekoslovakia. Pemberontakan Cekoslovakia bersamaan dengan pemberontakan tentara putih dan sosialis –revolusioner, pemberontakan sosial-revolusioner kiri di Moskow dan pendaratan tantara Inggris di Nurmansk.

Setelah pembersihan kota Tsaritsyn dengan tangan besi, melakukan pengiriman pasokan makanan pada ibu kota-ibu kota yang kelaparan. Hal tersebut juga bersamaan dengan gagalnya imperialisme Jerman di Ukraina. Pada bulan november 1918, revolusi pecah di Jerman dan Austria Hungaria. Pada tanggal 30 november dibentuklah pertahana Dewan Pekerja dan Petani. Pada akhir tahun 1918 keadaaan wilayah di front timur menjadi kacau. Pada bulan mei 1919 Jenderal Yudenich dengan dukungan tentara Putih Finlandia dan tentara Estonia, mulai bergerak maju dengan cepat menuju petrograd dengan tujuan memblokiran kekuatan tentara merah .

BAB VII

Konsolidasi Kekuatan, Membangun Ekonomi Rusia

Perkembangan ekonomi Rusia beralih pada ekonomi dengan cara damai. Perang sipil telah usai dan petani tidak senang pada pungutan pajak pada semua kelebihan hasil bumi. Partai mengembangkan kebijakan baru untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi ada beberapa kelompok yang mencoba merintangi kebijakan tersebut. Pada akhir tahun 1920 kelompok-kelompok partai ini meniupkan kontroversi dalam partai. Salah satu faktor penting dalam mengamankan kemenangan barisan partai dan dalam tindakan mempersatukan partai disekelilig Lenin dan mayoritas pendukung Lenin pada komite Sentral. Jadi konferensi kesepuluh partai Bolsheviks yang diselenggarakan pada bulan maret 1921 disatukan oleh prinsip-prinsip Lenin. Kongres itu secara singkat menyimpulkan pembahasan masalah organisasi perdagangan dan dengan menyoroti suara sangat besar, mengesahkan platform yang dibuat Lenin.

Pada periode lain Stalin menjalankan tugas yang sangat berat dalam membentuk republik-republik di soviet dan kemudian menyatukan republik-republik soviet dalam satu negara kesatuan U.S.S.R. pada tanggal 30 Desember 1922 kongres negara kesatuan soviet atas usulan lenin dan Stalin meluncurkan keputusan bersejarah dalam penyatuan secara sukarela atas bangsa-bangsa soviet untuk membentuk republik susialis uni soviet U.S.S.R. pembentukan U.S.S.R merupakan kemenangan besar bagi kebijakan nasional Lenin dan Stalin.

BAB VIII

Industrialisasi Sosialis ala Lenin

Mengindustrikan suatu negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dalam periode sejarah sangat singkat dan pada waktu yang sama menjalani keterbelakangan ekonomi yang parah seperti yang dialami uni soviet sewaktu itu. Adalah suatu tugas yang sangat besar. Diperlukan pembangunan sejumlah besar industri baru, industri-industri yang tidak pernah dikenal oleh zaman Rusia lama. Di negara kapitalis modal yang di dapat dari eksploitasi akan tetapi ini negara sosialis modal dari negerinya sendiri.

Doktrin industri sosialis

1. Industrialisasi tidak hanya berarti peningkatan hasil industrial tetapi juga mengembangkan industri berat.

2. Pengambilalihan harta-harta dari tuan tanah dan kelompok kapitalis sebagai akibat rrevolusi sosialis

3. Industrialisasi sosialis secara mendasar berbeda industrialisasi kapitalis

4. Tugas utama dalam perjuangan untuk melaksanakan industrialisasi adalah untuk meningkatkan produktivitas buruh

5. Kondisi-kondisi untuk membangun sosialisme yang ada pada negara U.S.S.R. dan semangat yang tinggi dari kelas pekerja

6. Rekonstruksi pertanian dalam jalur sosialis harus diawali dengan industrialisasi negara

Kaum imperialis mencoba menggagalkan indutrialisasi negarara itu dengan memutuskan hubungan diplomatik dan hubungan komersial dengan U.S.S.R dengan peningkatan aktifitas mata-mata dan sabotase

kelompok Bolsheviks mengalahkan dan menyapu bersih para tokoh yang menyerah kalah dan para pendukung kapitalisme, dan kemudian melanjutkan industrialisasi sosialis. Menjelang akhir tahun 1927 keberhasilan yang menentukan dari kebijakan industrialisasi sosialis sudah tidak dapat diragukan lagi . Partai Bolsheviks yang dipandu oleh ajaran Lenin yang bijaksana memerhatikan pentingnya mengantarkan pertanian milik petani kecil menuju pertanian skala besar.

BAB IX

Membangun Pertanian Kolektif

Penghapusan petani besar sebagai suatu kelas bukanlah suatu kelanjutan dari kebijakan terdahulu dalam hal pemberantasan dan penekanan petani besar, tetapi merupakan suatu titik balik dalam kebijakan partai. Bila pengambil alihan tanah perkebunan adalah langkah awal, maka penggunaan pertaniaan kolektif merupakan langkah kedua. Kaum tani bangkit menggunakan bentuk pertanian sosialis. Partai Bolsheviks dan pemerintahan negara Soviet telah membantu hal itu. Tenaga-tenaga produktif baru yang tercipta di pedesaan pada akhirnya memunculkan hubungan sosialis baru antara orang yang satu dengan orang yang lain.

Peralihan menuju kolektifisasi tidak dapat dilakukan secara sederhana dan damai, tetapi memerlukan perjuangan kaum tani untuk melawanpetani besar. Musuh-musuh petani melakukan usaha sungguh-sungguh untuk menggagalkan kebijakan partai dalam melaksanakan kolektifisasi pertanian.

Kontribusi Stalin dalam kolektfisasi pertanian:

· Menguraikan masalah pertanian kolektif sebagai suatu bentuk dari ekonomi pedesaan sosialis.

· Menunjukkan bahwa kunci mata rantai dalam perkembangan pertanian kolektif adalah kartel petani.

· Menunjukkan bahwa kebijakan pembatasan dan penekanan terhadap petani besar harus diubah menjadi kebijakan mengahapus keberadaan petani besar.

· Mengungkapkan arti penting stasiun-stasiun traktor dan mesin pertanian sebagai pusat dukungan reorganisasi pertanian sosialis.

Rakyat pekerja di seluruh negara bekerja dengan penuh semangat untuk meraih tugas-tugas besar yang disusun oleh kongres. Pada saat partai melakukan banyak kegiatan membangun sosialisme, semakinpenting untuk mendidik anggota dan calon anggota partai dalam hal pengajaran Marxisme-Leninisme, mempelajari pengalaman bersejarah partai Bolsheviks dan melakukan pertepuran melawan semua pemalsu sejarah partai. Rencana lima tahun pertama tercapai menjelang awal tahun 1933, mendahului jadwal.

BAB X

Kemenangan Sosialisme

Keberhasilan garis umum partai diungkapkan dalam kemajuan industri dan pertainan negera yang berkelanjutan. Dalam bidang industri rencana lima tahun kedua terpenuhi menjelang bulan april 1937 mendahului jadwal, dalam waktu empat tahun tiga bulan. Bersama dengan penyelesaian rekonstruksi industri dan pertanian, ekonomi nasional telah dilengkapi dengan teknik paling maju di dunia. Salah satu masalah dari pembangunan kelompok sosial pada partai yang harus ditangani adalah perhatian rakyat Soviet dari kader-kadernya.

Pelatihan tenaga-tenaga terampil dan mahir diantara para pekerja menjadi masalah yang sangat mendesak ketika negara sudah menjadi kaya akan mesin-mesin baru. Maka dari itu perlu diadakan suatu pelatihan. Atas prakarsa kelompok pekerja yang telah maju, munculah gerakan Stakhanov yang besar,.gerakan itu menyebar dengan kecepatan yang besar menuju semua bagian negara dan menuju semua cabang ekonomi nasional. Rekonstruksi seluruh ekonomi nasional sosialis membawa perubahan radikal dalam hubungan antara kelas-kelas di negara. Hal itu membutuhkan perubahan dalam konstitusi yang telah digunakan sejak tahun 1924.

Kemenangan sosialis yang dicapai oleh partai masih membuat marah musuh-musuh rakyat.pada tahun 1937 fakta-fakta baru diungkapkan berkaitan dengan kejahatan kejam dari kelompok Trotsky-Bukharin atas tindakan mata-mata, sabotase dan pembunuhan, menyewa jasa mata-mata dari negara-negara kapitalis. Pemeriksaan pengadilan berikutnya mengungkap fakta bahwa sampah masyarakat ini teleh melakukan persekongkolan melawan Lenin dimana mereka bermaksud menahan dan melawan partai dan negara Soviet sejak dari awal revolusi oktober.

Pemilihan Dewan tertinggi Soviet dari U.S.S.R. berlangsung pada tanggal 12 Desember. Persatuan moral dan politik rakyat Soviet ditegaskan dengan jelas. Dan orang yang pertama dipilih oleh rakyat, orang pertama yang menjadu Deputi Dewan Tertinggi Soviet adalah Stalin. Mengingat aktifitas masa yang meningkat dengan dahsyat dan masalah-masalah besar yang terlibat dalam kemajuan yang lebih lanjut pembangunan sosialis, masalah pelatihan sosialis dan politis dari kader-kader mendapatkan arti penting baru.

Tugas-tugas partai dalam hal kebijakan luar negeri adalah:

1. Meneruskan kebijakan damai dan penguatan hubungan bisnis dengan semua negara

2. Berhati-hati dan tidak membiarkan negara Soviet tertarik kedalam konflik-konflik oleh penghasut perang.

3. Sepenuhnya memperkuat tenaga tentara merah dan angkatan laut merah.

4. Memperkuat ikatan persahabatan internasional dengan kelas pekerja dari semua negara

BAB XI

Stalin, Simbol Kesatuan Moral dan Politik Rakyat Soviet

Penyerangan Jerman atas Uni Soviet menghentikan seluruh pembangunan negara Soviet. Untuk menjamin pengerahan cepat semua kekuatan rakyat U.S.S.R. untuk memukul mundur musuh. Presidium Dewan Tertinggi U.S.S.R. Komite Sentral C.P.S.U.(B) dan Komisaris Dewan rakyat U.S.S.R. pada tanggal 30 Juni 1941 memutuskan untuk membentuk Komite Pertahanan Negara dimana semua kekuatan dipusatkan pada negara. Stalin terpilih sebagai ketua Komite tersebut

Kamerad Stalin mendapatkan kekuasaan atas angkatan bersenjata U.S.S.R. dan memimpin perjuangan rakyat Soviet melawan fasisme Jerman. Jerman memiliki banyak keuntungan saat melancarkan peperangan melawan U.S.S.R. karena mendapatkan harta perampasan dan perluasan wilayah.

Pada sepuluh hari pertama sejak dimulainya peperangan, tentara Hitler berhasil merebut Lithuania, sebagian besar Latvia, bagian barat dari Belarusia dan bagian barat dari ukraina. Gerak mundur pasukan fasis jerman di moskow merupakan kejadian militer yang menentukan dalam tahun pertama pertempuran dan kekalahan besar pertama yang harus dialami jerman dalam PD II.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar